Oktavia, Vivi and Susanta, Agus and Parmadie, Bambang (2024) PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERORIENTASI AKM BERBASIS CAGAR BUDAYA KOTA BENGKULU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS VIVI FIX - Vivi Oktavia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal numerasi berorientasi AKM
berbasis cagar budaya Kota Bengkulu untuk mempersiapkan siswa kelas V SD
menghadapi ANBK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal numerasi
berorientasi AKM berbasis cagar budaya Kota Bengkulu layak secara logis,
empiris, dan praktis. Profil kemampuan siswa berdasarkan persentase capaian
domain bilangan sebesar 70,27%, domain geometri dan pengukuran sebesar
86,39%, domain data dan ketidakpastian sebesar 85,83%, dan domain aljabar
sebesar 80,56%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan
bahwa soal numerasi berorientasi AKM berbasis cagar budaya Kota Bengkulu
untuk siswa kelas V SD sangat layak dan efektif digunakan untuk membantu
persiapan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) topik
numerasi di jenjang sekolah dasar.
Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Cagar Budaya, Soal, Numerasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22863 |