Yuniarti, Yuniarti and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN METODE GUIDE READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUNIARTI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB 1 - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan: bahan ajar menggunakan metode
guide reading untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis kelas IV Sekolah
Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and
Development) dengan model ADDIE yaitu tahap analisis (analiyze), desain
(design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan
evaluasi (evaluation). Obyek penelitian adalah bahan ajar menggunakan metode
guide reading. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket
resepon peserta didik dan pedoman wawancara guru. Uji kelayakan dilakukan
oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli
penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas IV dan 1 orang
guru kelas SDN71 Kota Bengkulu.Analisis data menggunakan dalam menentukan
kevalidan bahan ajar menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket untuk
respon peserta didik serta wawancara untuk respon guru dalam penggunaan bahan
ajar. Teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji kelayakan bahan
ajar oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan p e n y a j i a n ,
kelayakan materi diperoleh 0,80 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,70
(kriterialayak) dan hasil kelayakan tampilan 0,90 (kriteria sangat layak). Hasil uji
lapangan bahan ajar dengan melakukan post tes dan pre tes dengan hasil uji gain
menunjukkan 20 peserta didik dengan hitung gain kriteria tinggi 5 peserta didik
dengan persetase 25% kemudian kriteria sedang 13 peserta didik dengan
persentase 65% selanjutnya kriteria rendah 2 peserta didik dengan persentase
10%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif.
Dengan kata lain bahan ajar yang digunakan memberikan manfaat dan efektif
untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang dalam meningkatkan
kemapuan membaca kritis.
Kata Kunci: Bahan ajar, guide reading, membaca kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22867 |