Deslanto, Deslanto and Sahono, Bambang and Kurniah, Nina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TREASURE HUNT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DONE TESIS DESLANTO OK - Puspita Angriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode Treasure Hunt,
untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran
IPS kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu, serta mendeskripsikan efektifitas
penerapan metode treasure hunt dalam meningkatkan kerjasama dan
presatsi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mulak Ulu. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dipadukan dengan quasi
eksperimen. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIa SMP Negeri 2 Mulak
Ulu sebagai kelas PTK dan kelas VIIb SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai
kelas eksperimen, dan VIIc SMP Negeri 2 Mulak Ulu sebagai kelas kontrol.
Prosedur pelaksaan pada Penelitian Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berupa evaluasi
yang diberikan pada setiap akhir siklus. Pada penelitian quansi eksperimen,
teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada siklus I nilai rata-rata sikap
kerjasama siswa mencapai 48% dengan kriteria kurang pada siklus II
mencapai 66% dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus III mencapai
77% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa
pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar 40,74%, siklus II 81,48% dan
siklus III 85,00%. Pada penelitaian quansi eksperimen, hasil penelitian
menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihart dari hasil skor rata-rata postes
kelas ekspermen sebesar 72,22 dan kelas kontrol sebesar 65,19. Hasil
penelitian menunjukkjan bahwa penerapan metode treasure hunt dapat
meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : metode treasure hunt, kerjasama, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22874 |