Apriani, Rini and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUNTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI (Studi Pada Siswa Kelompok B TKIT Abatatsa Lahat Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINI APRIANI_A2M021072 ( BEBAS PLAGIAT) - Chandra Arisandy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motorik
halus dan berpikir logis melalui penerapan pendekatan tuntas pada anak
kelompok B TKIT Abatatsa Lahat Selatan. Desain penelitian digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK berupa siklus
tindakan yang terdiri 3 siklus dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Subjek PTK adalah anak kelompok B1 semester
ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Sampel kelompok eksperimen adalah
kelompok B2 dan Kelompok kontrol B3 TKIT Abatatsa Lahat Selatan.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan hasil
karya. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata
(mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian meningkat secara signifikan
pada setiap siklus tindakan terlihat dari peningkatan motorik halus anak
dan berpikir logis anak dilihat dari ketuntasan klasikalnya dari siklus I
hanya 40% kriteria MB, meningkat pada siklus II sebesar 75% kriteria BSH
dan siklus III mencapai 95% kriteria BSB penerapan pendekatan tuntas
pada kelompok B TKIT Abatatsa Lahat Selatan. Maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan pendekatan tuntas dapat meningkatkan motorik halus
dan berpikir logis anak pada kelas PTK serta pendekatan tuntas
diterapkan lebih efektif dalam kelompok eksperimen dibandingkan
kelompok kontrol.
Kata Kunci: Pendekatan Tuntas, motorik halus, berpikir logis anak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22891 |