Hariani, Sri and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTIONS) UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Mulak Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SRI - MALTA DEPI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran langsung (Direct Instructions) untuk meningkatkan
konsentrasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMPN 1 Mulak Ulu
Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
dan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes
dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada siswa setiap siklus.
Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru
dan lembar observasi konsentrasi belajar siswa. Data hasil tes dianalisis
dengan cara statistik deskriptif dan data hasil non tes dianalisis dengan
deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran langsung (Direct Instructions) dapat meningkatkan
konsentrasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mulak Ulu
Lahat.
Kata Kunci: model pembelajaran langsung (Direct Instructions),
konsentrasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22912 |