Sahara, Mella and Sasongko, Rambat Nur and Kartiwi, Asti Putri (2024) STUDI KOMPARATIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 31 BENGKULU UTARA DAN SMP NEGERI 6 BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MELLA bebas perpustakaan unib - mella saharaa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pengelolaan
pembelajaran Bahasa Inggris antara SMP Negeri 31 Bengkulu Utara dan SMP
Negeri 6 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perbandingan pengelolaan pembelajaran bahasa Inggris d di SMP Negeri
31 Bengkulu Utara dan SMP Negeri 6 Bengkulu Utara. Pertama, perencanaan
pembelajaran dilakukan dengan baik oleh kedua sekolah, dalam membuat RPP
berpatokan kepada silabus berskala nasional. Perbedaannya SMP Negeri 31
Bengkulu Utara masih menggunakan kurikulum 2013 sedangkan SMP Negeri 6
Bengkulu Utara sudah menggunakan Kurikulum Merdeka dan di Kurikulum
Merdeka terdapat komponen yang membahas profil Pancasila di RPP. Kedua,
pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan apa yang telah dibuat di RPP
ada pendahuluan, isi dan penutup. Perbedaannya Guru Bahasa Inggris kelas VIII
di SMP 06 lebih kreatif dalam memilih bahan ajar dan media. Ketiga, kedua guru
melakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Adapun yang
dievaluasi seperti penilaian kinerja anak, aspek sikap dan aspek pengetahuan.
Tahapan yang dilakukan saat evaluasi yaitu penilaian (pemberian test kepada
siswa), pengayaan (bagi siswa yang belum memenuhi target penilaian akan diberi
materi pelajaran kembali) dan remedial (dilakukan test ulang). Berdasarkan hasil
penelitian ini disarankan kepada guru untuk meningkatkan manajemen kinerjanya
secara maksimal, kreatif dan inovatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi dan monitoring pembelajaran sehingga mata pelajaran bahasa Inggris
menjadi mata pelajaran yang menyenangkan.
Kata Kunci: Bahasa Inggris, Komperatif, Pengelolaan Pembelajaran, Tahap
Pengelolaan Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:13 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22939 |