Sriyanti, Atika and Muktadir, Abdul and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ATIKA BEBAS PERPUS UNIB-dikompresi - Atika Sriyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pop up book digital berbasis
discovery learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi di
sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN 01 Bengkulu Tengah. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model
ADDIE. Obyek penelitian adalah media pembelajaran pop up book digital
berbasis discovery learning pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks
deskripsi puisi. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket
uji respon guru dan peserta didik. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator
yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna
dilakukan pada 23 peserta didik kelas IV dan 1 orang guru kelas SDN 01
Bengkulu Tengah. Analisis data menggunakan dalam menentukan kevalian media
pembelajaran menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket. Hasil uji
kelayakan media pembelajaran oleh validator ditinjau dari aspek materi, bahasa,
dan penyajian, kelayakan materi diperoleh 0,70 (kriteria layak), hasil kelayakan
bahasa 0,70 (kriteria layak) dan hasil kelayakan penyajian 0,80 (kriteria sangat
layak). Hasil uji lapangan media pembelajaran dengan melakukan pretest dan
postest dengan hasil uji gain menunjukan 23 peserta didik dengan hitung gain
kriteria tinggi 10 peserta didik dengan persetase 43,5 % kemudian kriteria sedang
12 peserta didik dengan persentase 52,2% selanjutnya kriteria rendah 1 peserta
didik dengan persentase 4,3%. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV
menunjukan respon positif. Dengan kata lain media pembelajaran yang digunakan
mampu meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik.
Kata Kunci : Media Pop Up Book, Discovery Learning, Keterampilan
Menulis Teks Deskripsi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22954 |