Fitriani, Melvi and Juarsa, Osa and Winarni, Endang Widi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI PERSATUAN INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MELVI BEBAS PERPUS UNIB - Melvi Fitriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan sebuah alat dan sarana perantara yang dapat
membantu terjadinya interaksi di dalam suatu pmbelajaran, tujuan
dilaksanakannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan media
pembelajaran audio visual dengan model discovery learning pada pembelajaran
PPKn untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan Indonesia di kelas IV sekolah
dasar. Penelitian dilakukan di SDN 75 Kota Bengkulu pada kelas IV. Penelitian
ini merupakan penelitian Reseach and Development (R&D) dengan model
ADDIE dengan tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development
(pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Obyek
penelitian adalah media pembelajaran audio visual dengan model discovery
learning untuk meningkatkan nilai-nilai persatuan Indonesia. Instrumen yang
digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket resepon peserta didik dan
pedoman wawancara guru. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu
2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna
dilakukan pada 30 siswa kelas IV dan 1 orang guru kelas pada kelas eksperimen.
Hasil uji kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh validator ditinjau dari
aspek materi, bahasa, dan desain, kelayakan materi diperoleh 0,88 (kriteria
tinggi), hasil kelayakan bahasa 0,93 (kriteria tinggi) dan hasil kelayakan desain
0,94 (kriteria tinggi). Hasil uji lapangan media pembelajaran dengan melakukan
posttes dan pretes dengan hasil uji gain menunjukan 3 peserta didik dengan hitung
gain kriteria tinggi, 16 peserta didik dengan kriteria sedang, kemudian kriteria
rendah 5 peserta didik, selanjutnya kriteria tidak terjadi penurunan 5 peserta didik
dan kriteria terjadi penurunan 1 peserta didik. Selain itu hasil wawancara dengan
guru kelas IV menunjukan respon positif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan.
Kata Kunci: Media pembelajaran audio visual, discovery learning,
nilai-nilai persatuan Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22957 |