ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA ASESMEN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIS NURUL HUDA KOTA BENGKULU

Mustofa, Ahmad and Muktadir, Abdul and Winarni, Endang Widi (2024) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA ASESMEN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIS NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS_AHMAD MUSTOFA_S2-PENDAS_compressed - Ahmad Mustofa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur konten, proses kognitif, dan
konteks soal AKM pada asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Indonesia kelas
VI tahun pelajaran 2021/2022 dan 2022/2023 MIS Nurul Huda Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah mixed methods research. Subjek penelitian ini ialah
peserta didik kelas VI MIS Nurul Huda Kota Bengkulu. Objek dalam penelitian
ini adalah unsur konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca, respon
jawaban peserta didik butir pada asesmen madrasah mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VI MIS Nurul Huda Kota Bengkulu Tahun pelajaran 2021/2022
dan tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian berupa dokumen berupa
lembar hasil analisis unsur konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca.
konten, proses kognitif, dan konteks literasi membaca dianalisis dan dihitung
sesuai kesepakatan rater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Unsur konten
soal AKM Tahun 2021/2022 tertinggi yaitu teks informasi sebanyak 22 butir soal
dan unsur konten soal AKM Tahun 2022/2023 tertinggi yaitu teks informasi
sebanyak 28 butir soal; (2) Unsur proses kognitif soal AKM Tahun 2021/2022
tertinggi yaitu menemukan informasi sebanyak 28 butir soal dan unsur proses
kognitif soal AKM Tahun 2022/2023 tertinggi yaitu menemukan informasi
sebanyak 27 butir soal; (3) Unsur konteks soal AKM Tahun 2021/2022 tertinggi
yaitu personal sebanyak 22 butir soal dan Unsur konteks soal AKM Tahun
2022/2023 tertinggi yaitu saintifik sebanyak 15 butir soal; (4) Kualitas butir soal
secara empiris, soal Tahun 2021/2022 dengan hasil uji validitas 27 butir soal valid
dan 8 butir soal yang tidak valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,836, hasil uji taraf
kesukaran yaitu 12 butir soal kategori sukar, 13 butir soal kategori sedang dan 10
butir soal kategori mudah, hasil uji daya pembeda yaitu 15 butir soal kategori
baik, 14 butir soal kategori cukup dan 6 butir soal kategori jelek. Soal AKM
Tahun 2022/2023 hasil uji validitas 19 butir soal valid dan 16 butir soal yang tidak
valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,753, hasil uji taraf kesukaran yaitu 12 butir
soal kategori sukar, 16 butir soal kategori sedang dan 7 butir soal kategori mudah,
hasil uji daya pembeda yaitu 29 butir soal kategori baik dan 6 butir soal kategori
baik sekali.
Kata kunci: analisis butir soal, literasi membaca, dan uji empiris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:14
Last Modified: 23 Oct 2024 07:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22958

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200