Yuliani, Yuliani and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN di Gugus II Merapi Timur ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS FULL-YULIANI - Yuli Ani (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berfikir
kreatif, prestasi belajar siswa serta efektifitas penerapan model
pembelajaran problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN di Gugus II Merapi Timur.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur proses
pembelajaran dan kemampuan berfikir kreatif siswa dan untuk mengukur
prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan
analisis skor rata-rata dan Uji-t test. Penelitian dilaksanakan dikelas V. A (
SDN 13 Merapi Timur) sebagai kelas PTK. Penelitian ini menghasilkan
kesimpulan : Penerapan model pembelajaran problem solving dapat
meningkatkan kemampuan berfikir kreatif, prestasi belajar, serta efektif
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Berfikir kreatif,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22987 |