PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MENGENAL NILAI MATA UANG DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Negeri Muara Enim)

Asnawi, Asnawi and Sahono, Bambang and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MENGENAL NILAI MATA UANG DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Negeri Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS LENGKAP ASNAWI FINAL ok - Alex Jun Roy Nata Sitepu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa tunagrahita kelas
IV di SLB Negeri Muara Enim Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan pemberian tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian inidilaksanakan di kelas IV SLB Negeri Muara
Enim Subjek pada penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV yang terdiri
dari 5 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi keaktifan siswa
dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi
dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Validasi
instrumen dilakukan oleh guru kelas. Teknis analisis yang digunakan yaitu
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat perbaikan dan peningkatan hasil belajar mengenal nilai mata uang
pada siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Muara Enim melalui
penggunaan penugasan Selama proses pembelajaran siswa dapat mengikuti
pembelajaran dengan baik. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat
dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang meningkat dari pratindakan, hasil
tindakan siklus 1 ,siklus 2. dan pada siklus 3 nilai rata-rata siswa kelas IV di
SLB Negeri Muara Enim mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Nilai
rata-rata siswa pada hasil tes pratindakan adalah sebesar 54. Nilai rata-rata
siswa pada hasil tes tindakan siklus 1 adalah sebesar 64, pada siklus 2
pratindakan 66 setelah tindakan 74. Dan nilai rata-rata siswa pada hasil
tindakan siklus 3 adalah sebesar 80 dan siklus dengan ketuntasan mencapai
100%.
Kata Kunci: Peenerapan Metode Pemberian Tuga, Mengenal Mata Uang,
Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 01:19
Last Modified: 28 Oct 2024 01:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200