Ariani, Lita and Sapri, Johanes and Sahono, Bambang (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII SMAN 1 Tanjung Agung Muara Enim ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS Lita Ariani baru 1 - Lita Ariani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan
pembelajaran saintifik untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar
siswa bahasa Indonesia pada kelas XII Mia 2 SMA N 1 Tanjung Agung .
Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XII Mia 2 di SMA N 1 Tanjung Agung. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa.
Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis kemampuan sikap
ilmiah, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar
Siswa. Instrumen validasi materi dan sikap ilmiah siswa dalam penelitian
yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini
adalah penerapan pembelajaran sainifik dapat meningkatkan sikap ilmiah
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA N
1 Tanjung Agung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Saintifik, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program Postgraduate Program > Master of Educational Administration |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22997 |