Anggraini, :Lusia and Sapri, Johanes and Insanistyo, Bayu (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X MPK di SMKN 1 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS LUSIA ANGGRAINI - Lusia Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan
kemandirian dan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa
kelas X MPK di SMK N 1 Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X MPK SMK N 1 Muara Enim semester genap tahun
pelajaran 2023/2024. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh
sampel kuasi eksperimen adalah kelas X MPK 2 di SMK N 1 Muara Enim
dan kelas kontrol X MPK 3 di SMK N 1 Muara Enim. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran realistic mathematic
education (RME) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar
siswa kelas X SMK N 1 Muara Enim dan penerapan model pembelajaran
realistic mathematic education (RME) efektif dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajara Realistic Mathematic Education (RME),
Kemandirian Belajar siswa, Prestasi Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22998 |