PENGEMBANGAN HANDHOUT BERBANTUAN THUNKABLE PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 10 KOTA BENGKULU

SELVIA, WIDI ASTUTI and Ringki, Agustinsa and ratnah, Lestary (2024) PENGEMBANGAN HANDHOUT BERBANTUAN THUNKABLE PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Selvia Widi Astuti_A1C020004_Skripsi P.Mtk - 004 Selvia widi astuti.pdf] Text
Selvia Widi Astuti_A1C020004_Skripsi P.Mtk - 004 Selvia widi astuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbantuan thunkable pada
materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 10 Kota Bengkulu yang valid, praktis,
dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian desain
(Development Studies) dengan menggunakan model pengembangan tipe formative
research yang terdiri atas 2 tahapan utama, yaitu tahapan preliminary (tahapan
persiapan) dan tahapan formative evaluation. Pada tahap formative evalution
langkah-langkah yang diambil meliputi self evaluation, prototyping (expert
review, one-to-one dan small group) serta field test. Instrumen penelitian terdiri
dari instrumen validitas, instrumen kepraktisan, dan instrumen tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan handout berbantuan
thunkable pada materi aritmetika sosial termasuk dalam kategori: valid, praktis,
dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dan respon ketertarikan siswa.
Kata Kunci: Handout, Thunkable, Penelitian Desain, Development Studies,
Aritmetika Sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:12
Last Modified: 28 Oct 2024 04:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item
View Item