Tiara, Bima Agustin and Didik, Suryadi and Nesna, Agustriana (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELAS 1 DITINJAU DARI LATAR PENDIDIKAN TK DAN NON TK SEKECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI A1I020062 UNIB - tiara bima agustin.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Terdapat fakta bahwa siswa kelas 1 SD berasal dari latar belakang pendidikan
yang berbeda, yaitu ada yang berasal dari pendidikan TK dan ada tanpa melalui
pendidikan TK. Perbedaan latar belakang pendidikan demikian diduga dapat
menimbulkan perbedaan capaian hasil pembelajaran termasuk kemampuan
berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
perbedaan kemampuan berhitung anak kelas 1 Sekolah Dasar latar pendidikan TK
dan Non TK. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis komparatif
kuantitatif metode komparatif atau perbandingan. Sampel berjumlah 46 orang
anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan
berhitung anak kelas 1 antara anak yang melalui TK dan anak yang tidak melalui
TK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada orang tua yang tidak
menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan taman kanak-kanak sadar bahwa
taman kanak-kanak itu penting untuk melatih anak dalam kemampuan berhitung.
Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Latar Pendidikan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23045 |