Franselin, Puspita Ester Niraviona and Riyanto, Riyanto and Nesna, Agustriana (2024) PERBEDAAN KECERDASAN LINGUISTIK ANTARA PEMBELAJARAN SENTRA DAN SENTRA BERBASIS EDUTAINMENT. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi_Franselin Puspita_PGPAUD_ - Franselin Puspita Ester Niraviona.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Sentra berbasis edutainment merupakan model pembelajaran yang memberikan
manfaat terhadap kecerdasan linguistik anak usia dini dan mengoptimalkan
pembelajaran sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan perbedaan kecerdasan linguistik antara pembelajaran sentra
dan sentra berbasis edutainment. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah
anak kelompok B di PAUD yang berada di Gugus Anggrek dengan jumlah 34 anak.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan
Independent Sample T-test dan dengan bantuan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat
diambil simpulan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan linguistik yang signifikan
antara pembelajaran sentra dan sentra berbasis edutainment di PAUD yang berada
di Gugus Anggrek.
Kata Kunci : Pengaruh, Sentra Berbasis Edutainment, Kecerdasan Linguistik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:12 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23048 |