PEBI, PRASIANTO and Hasnawati, Hasnawati and Herman, Lusa (2024) STUDI DESKRIPTIF KARYA SENI GAMBAR DENGAN TEKNIK POINTILIS PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V D SDN 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar wisuda_compressed - Pebi Prasianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya seni gambar dengan
teknik pointilis di Kelas V D SDN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V D SDN 5 Kota Bengkulu dengan mendeskripsikan 20 karya
yang dibuat 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data melalui pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan
meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini
mendeskripsikan hasil karya seni gambar dengan teknik pointilis yang dilihat
melalui aspek unsur-unsur seni rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, volume,
dan gelap terang) dan prinsip-prinsip seni rupa (irama, kesimbangan, kesatuan,
pusat perhatian dan penekanan). Berdasarkan 20 karya yang telah dianalisis
terdapat unsur yang muncul (titik, garis, bidang, bentuk, warna dan gelap terang ).
Sedangkan prinsip seni rupa yang muncul (irama, kesimbangan, kesatuan, pusat
perhatian). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur yang
mendominasi 20 karya siswa tersebut adalah unsur titik dan prinsip yang muncul
adalah prinsip kesatuan.
Kata Kunci: Karya Seni Gambar, Pointilis, Seni Rupa
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23068 |