FARAH, ATIKA MAHARANI and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD GUGUS V KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FARAH ATIKA MAHARANI_A1G020161 FIX_compressed - farahatika maharani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)
berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Gugus
V Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest�Postest Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Gugus V yang berakreditasi B. Pengambilan sampel dengan teknik random
sampling sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 27 Kota Bengkulu (kelompok
eksperimen) dan kelas IV SD Negeri 13 Kota Bengkulu (kelompok kontrol). Uji
coba instrumen dilakukan pada kelas V SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk essay
berjumlah 5 soal. Hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen
sebesar 87,89 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 76,15.
Dari hasil perhitungan tersebut didapatkan adanya perlakuan yang berbeda antara
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa t hitung 4,022 > ttabel 1,697 dan Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Dikarenakan
nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan
perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) berbantuan media audio visual berpengaruh
terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Gugus V Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 04:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23070 |