MAYANG, SUKMA PERMATA SARI and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF KARYA SENI ECOPRINT DENGAN TEKNIK STEAMING PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mayang Sukma Permata Sari_A1G020007_Skripsi Fiks - Mayang Permata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya seni ecoprint dengan
teknik steaming di kelas V SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam
penelitian ini ialah peserta didik kelas V A SDN 44 Kota Bengkulu dengan
mendeskripsikan 4 karya yang telah dibuat oleh 4 kelompok. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data melalui pengumpulan data, mengkondensasi data, penyajian data dan
menarik kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini melalui triangulasi dan
member check. Hasil penelitian ini, yaitu hasil karya yang telah dihasilkan setiap
kelompok memiliki unsur titik, garis, bidang, warna, tekstur, gelap terang dan
ruang, namun pada hasil karya kelompok 3 unsur titik belum terlihat. Serta
prinsip-prinsip seni rupa, yaitu irama, keseimbangan, kesatuan, pusat perhatian,
keselarasan dan proporsi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karya yang
dihasilkan oleh masing-masing kelompok memiliki unsur dan prinsip seni rupa.
Kata Kunci: Seni Rupa, Ecoprint, Steaming
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:53 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23081 |