PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU

Rabiah, Tusa’Idah and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Rabiah Tusa'idah_A1G020028_Unib - Rabiah Tusaidah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar
berbasis problem based learning terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada
materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dan desain he Matching Only Pretest- Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar
Penggerak Kota Bengkulu dengan sampel penelitian peserta didik kelas VA di
SDN 07 sebagai kelompok eksperimen dan VB di SDN 09 sebagai kelompok
kontrol Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu
teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen soal matematika
berupa pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data pada penelitian
ini adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan
Independent Samples t-test. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen
menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed =
3,967 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 serta nilai distribusi ttabel sebesar
1,672, sehingga thitung > ttabel (3,967 > 1,672) dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Data
ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas
yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning terintegrasi
pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar penggerak Kota Bengkulu. Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning, Pendekatan
Berdiferensiasi, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:44
Last Modified: 29 Oct 2024 07:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23092

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200