DESKRIPSI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV B DI SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

DIOSY, FITRIANI and Herman, Lusa and Hasnawati, Hasnawati (2024) DESKRIPSI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV B DI SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Skripsi Diosy Fitriani_A1G020150_ - tri sugiarto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa kelas
IV B di SD Negeri 02 Kota bengkulu. Penelitian ini dilatar belakangi adanya
pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti
kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
deskritif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV B SD Negeri 02 Kota
Bengkulu. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan
menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengoleksi data, reduksi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data penelitian ini
menggunakan triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi
beberapa pelanggaran kedisiplinan belajar siswa di kelas IV B SD Negeri 02 Kota
Bengkulu yaitu: 1) Disiplin waktu, meliputi: tidak piket tepat waktu dan tidak
mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. 2) Disiplin berpakaian, siswa memakai
jilbab tidak sesuai dengan baju yang sudah ditentukan dari sekolah. 3) Disiplin
sikap, meliputi: membuat keributan saat jam pelajaran, siswa makan di kelas,
mengobrol dan tidak mematuhi tata tertib, Faktor-faktor yang mempengaruhi
belajar, Kendala yang dihadapi guru dalam penanaman kedisiplinan belajar karena
faktor internal Kurangnya kesadaran dalam diri siswa dan faktor eksternal berasal
dari lingkungan sekitar siswa karena didalam proses pembelajaran terjadi proses
interaksi antara siswa yang satu dan lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa Kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 02 Kota Bengkulu masih ada
beberapa siswa yang melanggar dan faktor yang mempengaruhi belajar siswa ada
faktor internal dan eksternal.
Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Faktor Yang Mempengaruhi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:36
Last Modified: 29 Oct 2024 08:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23103

Actions (login required)

View Item
View Item