VIVI, AYUDIA SARI and Neza, Agusdianita and Pebrian, Tarmizi (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARANBERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
VIVI AYUDIA SARI & A1G020097_compressed - Vivi Ayudia Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu cara untuk memenuhi
kebutuhan setiap peserta didik sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan
kebutuhannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka
terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar
Penggerak Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (quasy experiment) dan desain penelitian The Matching Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar
Penggerak Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA
SDN 09 dan SDN 07 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan
yaitu 5 soal kemampuan pemahaman matematika bentuk uraian yang diberikan
melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan
uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh
thitung (4,584) > ttabel (2,002) dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata�rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 49,79 dan pada kelas kontrol sebesar
44,42. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 76,71 dan
pada kelas kontrol sebesar 57,29. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas nilai
pretest-postest pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakan
berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh
pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman
matematika siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemahaman Matematika,
Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23130 |