PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 7 KOTA BENGKULU

Aprilia, Anisah and Nafri, Yanti and Muhammad, Arifin (2025) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 7 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
SKRIPSI ANISAHAPRILIA_A1A020116 - anisah aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk implementasi pemanfaatan
sumber belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di SMA Negeri 7 Kota
Bengkulu berdasarkan kurikulum merdeka. Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif
Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:
(1)observasi, (2)wawancara dan (3)rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bentuk
pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang ada di SMA
Negeri 7 Kota Bengkulu yaitu guru memanfaatkan internet, dengan mengakses e-
book melalui handphone masing-masing peserta didik, guru juga menampilkan
materi yang didapat dari internet lalu ditampilkan didepan kelas, dengan alat bantuan
laptop dan infokus. Dan guru juga memanfaatkan perpustakaan, yang dimana guru
memanfaatkan perpustakaan sesuai materi pelajaran yang mendukung untuk
memanfaatkan perpustakaan tersebut sebagai sumber belajar yaitu guru
memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat mecari informasi pelajaran, membaca
dengan berbagai sumber belajar media cetak di perpustakaan.
Kata kunci : Pemanfaatan Sumber Belajar, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:04
Last Modified: 25 Feb 2025 03:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item
View Item