Rilisti, Enica Intan and Abas, Abas and Abdul, Rahman (2025) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN GASTROPODA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Enica Intan Rilisti - Ralenda Oktin Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa
booklet keanekaragaman gastropoda, mengetahui kelayakan dan keterbacaan
booklet yang disusun. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model Borg and Gall 1989. Pengambilan sampel
gastropoda dilakukan dengan Systematic Random Sampling. Uji kelayakan booklet
dilakukan oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan praktisi. Uji
keterbacaan booklet dilakukan oleh 24 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Kaur.
Hasil penelitian gastropoda di Pantai Batu Lungun ditemukan sebanyak 21 spesies.
Gastropoda tersebut terdiri dari 5 Ordo, 12 Famili, dan 14 Genus. Dari 21 spesies
yang ditemukan, 8 spesies berasal dari Ordo Littorinimorpha, 6 spesies berasal dari
Ordo Neogastropoda, 4 spesies berasal dari Ordo Trochida, 2 spesies berasal dari
Ordo Cycloneritida, dan 1 spesies berasal dari Ordo Patellogastropoda. Hasil uji
kelayakan booklet keanekaragaman gastropoda dinyatakan sangat layak dengan
persentase validator ahli materi 96,43%, ahli media 91,66%, dan praktisi 96,43%.
Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh persentase sebesar 88,44%
dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Booklet, Gastropoda, Pantai Batu Lungun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 02:18 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23220 |