PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING FUTSAL PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER SMP IT DARUL FIKRI BENGKULU UTARA

Hidayat, Akbar and Ari, Sutisyana and Andika, Prabowo (2025) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING FUTSAL PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER SMP IT DARUL FIKRI BENGKULU UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Akbar Hidayat-A1H020003 - Akbar Hidayat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games
terhadap kemampuan shooting futsal peserta didik ekstrakurikuler SMP IT Darul
Fikri Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang
menggunakan quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 peserta didik dengan
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling menjadi 25 peserta didik.
Instrumen yang digunakan adalah tes sasaran tembak/short pass. Teknik
pengupulan data menggunakan uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil uji-t dengan perhitungan didapat nilai thitung 4.844 dan ttabel
1.713. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan nilai rata-rata pencapaian
shooting pada nilai awal yaitu 14.5 dengan kategori cukup sedangkan nilai rata-
rata pada tes akhir pencapaian shooting yaitu 17.9 dengan kategori baik dan
latihan small sided games memberikan kontribusi terhadap peningkatan
kemampuan shooting futsal sebesar 96,04%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh latihan metode small sided games terhadap kemampuan shooting futsal
peserta didik SMP IT Darul Fikri Bengkulu Utara.
Kata kunci : Futsal, kemampuan shooting, small sided games.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:12
Last Modified: 11 Mar 2025 03:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item
View Item