KEMAMPUAN KLASIFIKASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SEKECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA

Afifah, Helmi Fakhriyah and Didik, Suryadi and Melia, Eka Daryati (2025) KEMAMPUAN KLASIFIKASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN SEKECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Skripsi Helmi Fakhriyah Afifah_A1I020055 - Helmi Afifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Asperk perrkermbangan yang sangat pernting pada masa golden ege adalah
perrkermbangan kognitif, khususnya kemampuan dasar klasifikasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengklasifikasikan benda berdasarkan
satu, dua dan tiga kategori (warna, bentuk dan ukuran) pada anak usia 5-6 tahun di
Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jenis penelitian survei dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan metode observasi. Populasi
sebanyak 160 anak di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Teknik sampel
Proportional Random Sampling sebanyak 32 anak. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan mengklasifikasikan benda kepingan geometri dengan warna,
bentuk, dan ukuran. Kegiatan mengklasifikasi dengan menyusun, memilih,
mengumpulkan, memisahkan benda-benda, dan mengelompokkan kelompok
yang serupa atau memiliki kesamaan berdasarkan tiga kategori pada anak usia 5-6
tahun sangat baik, dengan rerata nilai klasifikasi berdasarkan satu kategori bentuk,
warna, atau ukuran sebesar 97,65%, rerata nilai klasifikasi berdasarkan dua
kategori warna dan bentuk, warna dan ukuran, bentuk dan ukuran sebesar 98,43%,
dan rerata nilai klasifikasi berdasarkan tiga kategori warna, bentuk, dan ukuran
sebesar 99,21%.
Kata kunci: klasifikasi,benda geometri, anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Apr 2025 03:27
Last Modified: 11 Apr 2025 03:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23319

Actions (login required)

View Item
View Item