Fransiska, Yulia and Mona, Ardina and Septi, Fitriana (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU FABEL TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK B DI TK IT AL JUNDI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
YULIA FRAANSISKA_PGPAUD_UNIB - Yulia Fransiska (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku
fabel terhadap kemampuan penguasaan kosakata anak kelompok B di TK IT Al
Jundi Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel dalam
penelitian ini adalah anak-anak kelas B3 (kelas eksperimen) dan B4 (kelas
kontrol), dengan total 14 anak dari TK IT Al Jundi Kota Bengkulu. Hasil
penelitian yang diperoleh melalui uji Independent Sample T-test menunjukkan
nilai sig (two-tailed) sebesar 0,001, yang berarti < 0,005. Berdasarkan hasil ini,
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penguasaan kosakata
antara anak-anak yang belajar dengan media buku fabel dibandingkan dengan
media buku “Ayo Membaca” di TK IT Al Jundi Kota Bengkulu. Dengan
demikian, media buku fabel terbukti memiliki pengaruh terhadap kemampuan
penguasaan kosakata anak kelompok B. Disarankan bagi peneliti selanjutnya
untuk melanjutkan penelitian ini dengan mengeksplorasi pengembangan
kemampuan penguasaan kosakata anak melalui kegiatan membaca menggunakan
media buku fabel.
Kata kunci: Buku fabel, penguasaan kosakata, media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23323 |