PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DENGAN SISTEM PERMAINAN RUNNING CARD PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA DI SMP (Research and Development)

Tamara, Evi and Nirwana, Nirwana and Ariefa, Primair Yani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DENGAN SISTEM PERMAINAN RUNNING CARD PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA DI SMP (Research and Development). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Evi Tamara_A1M0020023 - Evi Tamara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kelayakan pengembangan media
flashcard sistem permainan running card untuk siswa dalam pemahan tentang
planet yang ada di tata surya dan mendeskripsikan respon peserta didik SMPN 07
Bengkulu Tengah terhadap produk media flashcard yang diterapkan dalam
pembelajaran IPA materi tata surya. Jenis penelitian yang digunakan Merupakan
penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE
(Analyze, Design, Development, implementation, and Evaluation). Namun
penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Development. Teknik pengumpulan data
penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data
flashcard ini dianalisis secara deskriftif. Uji validasi produk flashcard dilakukan
oleh 2 dosen validator ahli dan 2 ahli praktisi (guru). Hasil uji validasi flashcard
yang dilakukan terhadap validator ahli dan praktisi memperoleh persentase rata-
rata 93,75%. Dan dari hasil respon yang telah dilakukan terhadap 10 peserta didik
di SMP Negeri 07 Bengkulu Tengah mendapatkan rerata persentase skor sebesar
92,25%. Dapat disimpulkan bahwa flashcard dengan sistem permainan running
card pada materi tata surya ini sangat layak untuk digunakan sebagai media ajar
siswa.
Kata kunci : Media Flashcard, Tata Surya, Sistem Permainan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:22
Last Modified: 15 Apr 2025 03:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item
View Item