Saputri, Santika Ragil and Henny, Johan and M.Sutarno, M.Sutarno (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BLOGGING (VLOG) BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GERAK DAN GAYA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Santika Ragil Saputri-A1M020019 - Santika Ragil Saputri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
yang bertujuan untuk mengembangkan produk Media Pembelajaran Video
Blogging (Vlog) Berorientasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada
Pembelajaran IPA Materi Gerak dan Gaya. Penelitian dilakukan di SMPN 31
Bengkulu Utara. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu Define
(tahap pendefisian) tahap ini terdiri dari beberapa langkah yaitu analisis masalah,
analisis kebutuhan, analisis rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi gerak
dan gaya, dan penyusunan instrument penelitian, Design (tahap perancangan)
pada tahap perancangan ini terdiri dari beberapa langkah yaitu pemilihan materi
dan media, pembuatan desain media, dan penyusunan instrument penelitian.
Develop (tahap pengembangan) pada tahap perancangan ini terdiri dari beberapa
langkah yaitu pengembangan produk video blogging (vlog) adapun uraian
kegiatan pada tahap ini sebagai berikut: 1) pembuatan produk awal video blogging
(vlog) berdasarkan rancangan yang dibuat sebelumnya; 2) validasi ahli terhadap
produk video blogging (vlog); 3) revisi produk video blogging (vlog) berdasarkan
validasi ahli; 4) uji keterbacaan oleh guru dan siswa pada produk media video
blogging (vlog) dan Disseminate (tahap penyebaran) yang dibatasi sampai tahap
develop karena keterbatasan waktu penelitian. Instrumen yang digunakan berupa
angket validasi ahli dan uji keterbacaan. Hasil pengembangan media pembelajaran
vlog berorientasi pemahaman konsep siswa kelas VII pada pembelajaran IPA
materi gerak dan gaya, validasi media pembelajaran dinyatakan layak digunakan
dengan hasil persentase validator ahli media diperoleh skor 93,7% dengan
kategori sangat layak, validator ahli materi diperoleh skor 90,6% dengan kategori
sangat layak dan uji keterbacaan oleh praktisi diperoleh skor 97,5% dengan
kategori sangat baik serta hasil uji keterbacaan oleh siswa secara keseluruhan
memperoleh persentase rata˗rata sebesar 91% dalam kategori sangat baik. Dapat
disimpulkan bahwa produk media pembelajaran vlog yang dikembangkan
dinyatakan sangat layak secara konseptual.
Kata Kunci: Video Blogging, Media Ajar, Gerak dan Gaya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:22 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23333 |