Purba, Shanra F and Nirwana, Nirwana and Aprina, Defianti (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI KALOR UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SHANRA F PURBA A1M020007 - Evi Tamara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis
Scaffolding pada materi kalor untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta
didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D
(define, design, develop, disseminate) namun pada penelitian ini dibatasi pada 3D
atau hanya pada tahap Develop saja. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu
observasi, wawancara dan angket yang di berikan kepada peserta didik. Pada
tahap validasi, lembar kerja peserta didik divalidasi oleh 3 validator. Hasil validasi
menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didiksangat layak digunakan dengan
rata-rata persentase 95.22%. Hasil respon peserta didik yang telah dilakukan
mendapatkan rata rata persentase 91.84%. Dapat disimpulkan bahwa LKPD
berbasis Scaffolding pada materi kalor untuk melatih keterampilan berpikir kritis
ini layak dilanjutkan pada pembelajaran IPA.
Kata kunci: LKPD, Scaffolding, Keterampilan Berpikir Kritis, Kalor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:04 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23335 |