PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Damayanti, Seri and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Tesis - Seri Damayanti (A2G022015) - Lengkap - Seri Damayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan pembelajaran yang
monoton dan penggunaan media yang tidak menarik. Diperlukan suatu model
yang dapat membantu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penggunaan model
cooperatif learning tipe teams games tournament dapat menjadi sebuah inovasi
dalam pembelajaran materi hubungan komponen biotik dan abiotik pada
ekosistem dengan bantuan aplikasi quizizz paper mode karena membawa siswa
pada benda konkret dan mendapatkan pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperatif learning tipe teams games
tournament berbantuan aplikasi quizizz paper mode terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest posttest control
group design. Subyek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, siswa
kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VC sebagai kelompok
kontrol. Ada dua instrumen yang digunakan, yaitu pedoman observasi dan tes
kemampuan berpikir kritis dengan bentuk soal uraian. Tes dilakukan dua kali
yaitu sebelum dan setelah memberikan perlakuan (treatment) yaitu model
cooperatif learning tipe teams games tournament berbantuan aplikasi quizizz
paper mode pada kelompok eksperimen dan model konvensional pada kelas
kontrol. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis data di
lapangan, statistik deskriptif, uji prasyarat, dan inferensial (uji-t). Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada kedua kelas yakni,
kelas eksperimen sebesar 84.39 dan kelas kontrol sebesar 63.93. Selain itu,
berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.002 < 0,025. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% model
cooperatif learning tipe teams games tournament berbantuan aplikasi quizizz
paper terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Aplikasi Quizizz Paper Mode, Kemampuan Berpikir Kritis,
Model Cooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 03:24
Last Modified: 07 May 2025 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item
View Item