Julianti, Elisa and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR HOTS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/audio.png)
TESIS ELISA JULIANTI + LAMPIRAN (A2G022022)_compressed - Elisa Julianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA
menggunakan model kooperatif Type Group Investigation berbantuan multimedia
pembelajaran terhadap kemampuan berfikir analisis, mengevaluasi dan mencipta. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen mengunakan desain pretest-
posttest control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu
menggunakan instrumen soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Group Investigation berbantuan
multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kognitif
analisis. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir kognitif analisis
pada kelas kontrol sebesar 77. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah
sebesar 94. penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Group Investigation berbantuan
multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kognitif
evaluasi. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir kognitif evaluasi
pada kelas kontrol sebesar 73. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah
sebesar 90. penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Group Investigation berbantuan
multimedia pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kognitif
mencipta. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir kognitif mencipta
pada kelas kontrol sebesar 78. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah
sebesar 54.
Kata kunci : Multimedia Pembelajaran, Group Investigation, Kemampuan Berpikir HOTS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23411 |