PENGARUH PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV

Prasetyo, Mubarok Agum and Endang, Widi Winarni and Osa, Juarsa (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS MUBAROK AGUM - Mubarok Agum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif
learning tipe Number Head Together berbantuan media powerpoint interaktif
terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu
yang berjumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
melalui dokumentasi, observasi dan test. Tes yang digunakan dalam mengukur hasil
belajar kognitif siswa berbentuk uraian yang berjumlah 6 soal yang berkaitan
dengan muatan pelajaran IPAS bab 1 materi bagian-bagian tumbuhan dan
fungsinya. Observasi digunakan untuk menilai kemampuan kerjasama siswa
selama kegiatan diskusi berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-
rata hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT berbantuan media powerpoint interaktif dalam pembelajaran
IPAS secara umum sudah tergolong sangat baik. Uji N-Gain dari hasil pretest dan
posttest kemampuan kerjasama dan hasil belajar kognitif termasuk dalam kategori
tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerjasama dan hasil belajaran kognitif
siswa kelas IV MI muatan pelajaran IPAS. Dari hasil penelitian juga terdapat
hubungan yang signifikan antara kemampuan kerjasama dan hasil belajar kognitif
siswa kelas IV MI.
Kata kunci: Model kooperatif tipe Number Head Together, Powerpoint Interaktif,
Kemampuan Kerjasama, Hasil Belajar Kognitif, IPAS sekolah dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 03:25
Last Modified: 07 May 2025 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item
View Item