MEILANDA, NADIA ELPA and Endang, Widi Winarni and Gumono, Gumono (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ROBOT EDUCATION BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tesis Nadia Elpa-compressed - Mubarok Agum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pembelajaran IPAS dengan
menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Robot Education Box
terhadap kemampuan berpikir lancar, luwes, dan original. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-
posttest control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu
menggunakan instrument soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa penerapan pembelajaran IPAS menggunakan model Project Based
Learning berbantuan media Robot Education Box berpengaruh signifikan terhadap
kemampuan berpikir lancar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata posttest
kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 37. Sementara untuk hasil
rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 88. Penerapan pembelajaran IPAS
menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Robot Education
Box berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir luwes. Hal ini ditunjukan
ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol
sebesar 28. Sementara untuk hasil rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 71.
Penerapan pembelajaran IPAS menggunakan model Project Based Learning
berbantuan media Robot Education Box berpengaruh signifikan terhadap kemampuan
berpikir original. Hal ini ditunjukan ditunjukkan dengan rata-rata posttest
kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 33. Hasil uji korelasi diketahui
kemampuan luwes dan original adalah sebesar 0,013 disimpulkan bahwa ada
hubungan yang signifikan.
Kata Kunci: Robot Education Box, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir
Kreatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23413 |