LIYANTI, RIA and Osa, Juarsa and Endang, Widi Winarni (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
tesis ria liyanti siap cetak_compressed - Ria Liyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar
kognitif dan afektif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan
peneliti quasi eksperimen yang menggunakan desain posttest control group desain.
Jenis data yang digunakan adalah menggunakan instrument soal, dan lembar
validasi ahli. yang digunakan LKPD yang dikembangkan diharapkan dapat
membantu peserta didik dalam memahami materi, khususnya pada sila keempat
Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model kooperatif
tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Hal ini dibutuhkan
dengan hasil uji T (Independent Sample T Test) yang menunjukkan perbedaan
signifikan antara kelas efsperimen yang menggunakan LKPD dengan mean 89,33
dan kelas kontrol dengan mean 39,33. Dengan demikian LKPD berbasis model
kooperatif Tipe STAD dapat digunakan sebagai bahan ajar yang layak untuk
meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif dalam kerjasama dengan hasil
persentase penghargai pendapat 86.67%, tidak memaksa kehendak orang lain
86.67%, tidak mencela pendapat orang lain 88.89% dan tidak memotong
pembicaraan orang lain 82.22%.
Kata kunci: LKPD, model Kooperatif Tipe STAD, hasil belajar kognitif dan Afektif
, Pendidikan Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23415 |