PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII di SMA Negeri 5 Lahat)

SARI, AYUTI EKA and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII di SMA Negeri 5 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS BEBAS PERPUSTAKAAN OKE - Ayuti Eka Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model Problem
Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
prestasi belajar siswa pada pembelajaran Geografi. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Kuasi Eksperimen.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian
Tindakan kelas adalah siswa kelas XII IPS 1. Penentuan kelas eksperimen
dan kelas kontrol dengan cara acak, siswa kelas XII IPS 2 sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
penerapan Problem Based Learning dan kemampuan berpikir dan
tes.Analisis data menggunakan uji t-tes yang terdiri dari uji beda antar
siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Kesimpulan dari
hasil penelitian diperoleh penerapan model Problem Based Learning
efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar
siswa Geografi di SMA Negeri 5 Lahat.
Kata kunci : Problem based learning, kemampuan berpikir kritis, dan
prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 02:07
Last Modified: 08 May 2025 02:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item
View Item