PERTIWI, IGA SATRIA and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Kelompok B Gugus PAUD Annisa Mulak Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS IGA SATRIA PERTIWI A2M022079 - Igsa Pertiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Role Playing.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Role-Playing. Dapat meningkatkan tanggung jawab dan
prestasi belajar siswa (Studi di Klaster PAUD Annisa Mulak Ulu).
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
dan kelas eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelompok B PAUD
Gugus Annisa Mulak Ulu Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025
yang terdiri dari kelas PTK yaitu TK Annisa Mulak Ulu yang berjumlah 25
orang. Siswa (13 laki-laki – laki-laki dan 12 perempuan), kelas eksperimen
adalah TK Negeri Pembina Mulak Ulu yang berjumlah 23 siswa (18 laki-
laki dan 7 perempuan) dan kelas kontrol adalah TK Budi Pekerti yang
berjumlah 17 siswa ( 9 laki-laki dan 8 perempuan).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi
dan tes. Hasil Penelitian Tindakan Kelas selama 3 siklus dengan
menggunakan model Role-Playing menunjukkan adanya peningkatan
yang signifikan baik pada kemampuan berpikir kritis maupun prestasi
belajar siswa. Kemudian hasil penelitian eksperimen semu menunjukkan
bahwa penerapan model Role-Playing pada kelas eksperimen mempunyai
rata-rata nilai post test yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan
penerapan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Artinya
penerapan model Role-Playing secara efektif dapat meningkatkan prestasi
belajar dan pada tema Lingkunganku Kelompok B Gugus PAUD Annisa
Mulak Ulu. Kata
Kunci: Model Role-Playing, Tanggung Jawab, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23434 |