PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 di SD Gunung Megang Gugus 1 Kecamatan Gunung Megang)

Rukiyah, Rukiyah and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 di SD Gunung Megang Gugus 1 Kecamatan Gunung Megang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_RUKIYAH_A2M022103 - GIANI GIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model kontekstual
dapat meningkatkan kerja sama pada mata pelajaran matematika pada siswa
(2) Mendeskripsikan penerapan model kontekstual dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika pada siswa dan
(3) Mendeskripsikan penerapan model kontekstual diperlukan sehingga siswa
dapat paham terhadap materi mata pelajaran matematika pada siswa SD
Gunung Megang Gugus 1 Kecamatan Gunung Megang. Dalam penelitian ini
digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan
penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SD
Gunung Megang Gugus 1 Kecamatan Gunung Megang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode
tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis tingkat
kerjasama, (2) Analisis Pre-test dan Post-test, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar
Siswa. Instrumen validasi materi dan berpikir inisiatif siswa dalam penelitian
yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini
adalah; (1) Penerapan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan
meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran Matematika. (2)
Penerapan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SD Gunung Megang Gugus 1
Kecamatan Gunung Megang Tahun Pelajaran 2023/2024 dan (3) Penerapan
model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Kerjasama, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23454

Actions (login required)

View Item
View Item