PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV di SDN Gugus 4 Panang Enim )

YAWANI, YAWANI and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV di SDN Gugus 4 Panang Enim ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_YAWANI_A2M022103 - Eva Aryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menerpakan Metode pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini telah dilaksanakan dengan
metode eksperimen penelitian tindakan kelas di SD Negeri Gugus 4 Panang
Enim .Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus untuk penenerpakan metode
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dari
siklus pertama sampai siklus ketiga. Ini membuktikan bahwa penerapan
model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) tidak hanya
meningkatkan partisipasi belajar siswa tetapi juga meningkatkan
pemahaman materi dan ini mempunyai dampak meningkatkan hasil
prestasi belajar siswa .Teknik pengambilan PTK dengan cara pengamatan
dan tes ,sedangkan kelas eksperimen hanya melakukan uji coba Metode
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Analisi data
dilakukan dengan yang signifikan dengan menggunakan uji t –
test .Berdasarkan analisis data penelitian ini, ditemukan bahwa terdapat
perbedaan dalam model pembelajaran yang menggunakan Metode
Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk
meningkatkan bepikir kritis dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
IPA
Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL) Bepikir kritis, Prestasi
Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23458

Actions (login required)

View Item
View Item