PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAT IF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Megang)

Aryani, Eva and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAT IF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 5 Gunung Megang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Thesis Eva Aryani_A2M022095 - Eva Aryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
kepercayaan diri dan prestasi siswa dengan menggunakan metode
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pada
penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan; pada tahapan pertama
dilaksanakan untuk melihat apakah model pembelajaran kooperatif
tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan kepercayaan
diri siswa, ditahap kedua penelitian dilaksanakan untuk mengetahui
keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head
Together (NHT) dibandingkan dengan pembelajaran non
konvensional, pada tahapan ketiga untuk mendeskripsikan efektivitas
pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat
meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia di siswa kelas VII
SMPN 5 Gunung Megang. Kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan
penelitian eksperimen. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII
SMPN 5 Gunung Megang. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data penelitian ini
adalah; 1) analisis tingkat kepercayaan diri, 2) analisis pretest dan
posttest, 3) analisis uji prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian
diperoleh penerapan model kooperatif tipe Number Head Together
(NHT) efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia VII SMP Negeri 5 Gunung Megang. Hasil
ini telah mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa
prestasi belajar siswa yang mempunyai percaya diri lebih baik dari
pada prestasi belajar siswa yang mempunyai percaya rendah.
Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, Percaya
Diri, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item
View Item