MONIKA BR GINTING., ALIYA and Saleh, Haji and Hari, Sumardi (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GEOBOARD DAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMPN 4 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Aliya Monika Br Ginting_A2C022002 - Aliya Monika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memerikan 1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif
antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan geoboard
dengan siswa yang menggunakan konvensional di kelas VII 2) perbedaan
kemampuan berpikir kreatif antara siswa kemampuan disposisi tinggi dengan
kemampuan disposisi rendah di kelas VII, 3) interaksi pembelajaran kooperatif
berbantuan geoboard dan kemampuan disposisi matematis terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa di kelas VII, (4) perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara
siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan geoboard dengan
disposisi tinggi dan disposisi rendah, dan (5) perbedaan kemampuan berpikir kreatif
antara siswa yang menggunakan konvensional dengan disposisi tinggi dan disposisi
rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Rejang Lebong. Teknik pengambilan
sampel adalah teknik intac group. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan teknik ANOVA dua jalan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah
1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan
pembelajaran kooperatif berbantuan geoboard dengan siswa yang menggunakan
konvensional di kelas VII dengan nilai signifikan <0.001, 2) terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif antara siswa kemampuan disposisi tinggi dengan
kemampuan disposisi rendah di kelas VII dengan nilai signifikan 0,020, 3) terdapat
interaksi pembelajaran kooperatif berbantuan geoboard dan kemampuan disposisi
matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII dengan nilai
signifikan <0,001, (4) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa
yang menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan geoboard dengan disposisi
tinggi dan disposisi rendah, dan (5) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif
antara siswa yang menggunakan konvensional dengan disposisi tinggi dan disposisi
rendah.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis, Geoboard, Pembelajaran
Kooperatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:17 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23461 |