PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di TKIT Baitul Izzah Kota Bengkulu)

Nurhuda, Elva and Johanes, Sapri and Nina, Kurniah (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Pada Kelompok Usia 5-6 Tahun di TKIT Baitul Izzah Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS ELVA NURHUDA syarat perpus ok (1) - elva nurhuda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk
multimedia interaktif berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan
metode pengembangan Research and Development (R&D), Model
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg dan
Gall menggunakan 10 langkah penelitian dan disederhanakan menjadi 5
tahap tanpa mengurangi nilai penelitian pengembangan. Populasi dan
sampel penelitian dengan jumlah 33 anak. Uji skala terbatas berjumlah 13
anak sedangkan uji skala besar berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, dan
secara analisis menggunakan skala penilaian dan uji-t. Simpulan dari
penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis STEAM yang
dikembangkan layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis pada kelompok usia 5-6 tahun di TK IT BAITUL
IZZAH Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Multimedia interaktif, berbasis STEAM, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 May 2025 03:13
Last Modified: 15 May 2025 03:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item
View Item