Iskandar, Joni and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS S2 JONI ISKANDAR_TP - elva nurhuda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dalam
meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian terdiri
dari siswa kelas X yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi tes prestasi belajar dan
skala percaya diri. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif
dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TGT
secara signifikan meningkatkan percaya diri siswa serta prestasi belajar
mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. Implikasi dari penelitian ini adalah rekomendasi untuk
menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT dalam konteks
pendidikan jasmani untuk meningkatkan interaksi sosial, keterampilan
kerja sama, dan prestasi belajar siswa secara holistik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games
Tournament, Percaya diri, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23471 |