PENGARUH E-MODUL BERBASIS GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V

Rahayu, Anisa and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2025) PENGARUH E-MODUL BERBASIS GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL, KONSEPTUAL, DAN PROSEDURAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Anisa bebas perpus unib (1)-dikompresi - Anisa Rahayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-modul berbasis guided discovery
terhadap penguasaan pengetahuan factual, konseptual dan procedural “organ pencernaan”
siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa SDN 04 Bengkulu Selatan kelas VB berjumlah 23 orang dan VC berjumlah
23 orang. Penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest pengetahuan factual,
konseptual dan procedural. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain pengetuan faktual
sebesar 65,5 dengan kategori sedang, nilai N-Gain pengetahuan konseptual sebesar 59,5
dengan kategori sedang, nilai N-Gain pengetahuan prosedural sebesar 52 dengan kategori
sedang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis guided discovery IPA terhadap
penguasaan pengetahuan factual, konseptual dan procedural.
Kata Kunci: E-Modul Guided Discovery, Faktual, Konseptual, Prosedural

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:17
Last Modified: 03 Jun 2025 02:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item
View Item