OKDIANSYAH, OKDIANSYAH and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) ANALISIS UNSUR BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES PADA BUKU IPAS MUATAN IPA KELAS IV FASE B KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS Okdiansyah_compressed - Okdiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemunculan unsur berpikir kreatif
dan keterampilan proses dalam buku pegangan siswa mata pelajaran IPAS muatan
IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam
penelitian ini adalah buku pegangan siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial,
Kelas IV (Fase B) Kurikulum Merdeka. Subjek pada penelitian ini adalah peneliti
dan 2 reviewer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar
analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan
metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)
Kelancaran berpikir (fluency) kemunculan deskriptor 1 yaitu sebanyak 21
kemunculan, kemunculan deskriptor 2 yaitu sebanyak 3 kemunculan, dan tidak
ada kemunculan pada deskriptor 3. (2) Keluawesan berpikir (flexcibility)
kemunculan deskriptor 1 yaitu sebanyak 47 kemunculan, kemunculan deskriptor 2
yaitu sebanyak 2 kemunculan, dan tidak ada kemunculan, dan tidak ada
kemunculan pada deskriptor 3 dan 4. (3) Berpikir original (originality)
kemunculan deskriptor 1 sebanyak 12 kemunculan. (4) Keterampilan proses
mengamati kemunculan deskriptor 1 sebanyak 7 kemunculan dan descriptor 2
sebanyak 23. Mempertanyakan dan memprediksi kemunculan deskriptor 1
sebanyak 31 kemunculan dan deskriptor 2 sebanyak 36 kemunculan.
Merencanakan dan melakukan penyelidikan kemunculan deskriptor 1 sebanyak 30
kemunculan dan deskriptor 2 sebanyak 23 kemunculan. Memproses, menganalisis
data dan informasi mengorganisasikan data dalam bentuk menyajikan data
mengidentifikasi pola kemunculan descriptor 1 sebanyak 18 kemunculan dan
deskriptor 2 sebanyak 2 kemunculan, Mengevaluasi dan refleksi kemunculan
descriptor 1 sebanyak 24 kemunculan dan descriptor 2 tidak ada kemunculan, dan
Mengomunikasikan hasil kemunculan descriptor 1 10 kemunculan dan deskriptor
2 sebanyak 27 kemunculan. Dapat disimpulkan bahwa unsur berpikir kreatif dan
keterampilan proses dapat membuat tujuan pemebelajaran menggunakan unsur
ABCD, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif, terarah, dan
berdampak positif pada perkembangan akademik dan keterampilan siswa.
Kata Kunci : Unsur berpikir kreatif,Keterampilan Proses, Buku Teks, IPAS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23589 |