EFRIYANI, YULIA and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA TERHADAP BERFIKIR KRITIS DAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 8 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS YULIA EFRIYANI_compressed_compressed - Yulia Efriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode
karyawisata terhadap berfikir kritis dan menulis karangan deskripsi siswa.
Jenis penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah
Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only
Control Design. terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Sampel penelitian yang adalah siswa kelas IV SDN 8
Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari
hasil penelitian ini menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi. Hasil
penelitian menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berfikir
kritis siswa di kelas control sebesar 69,97 sedangkan pada kelas eksperimen
di hasil berfikir kritis siswa sebesar 88,43 pada kemampuan menulis
karangan deskripsi didapatkan nilai rata rata kelas kontrol 68,33 dan pada
kelas eksperimen naik menjadi 86,50 maka disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model pembelajaran karya wisata terhadap berfikir
kritis dan menulis siswa .
Kata Kunci: Metode Karya Wisata , Berfiki Kritis , Karangan deskripsi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23590 |