Anwar, Charlles and Gumono, Gumono and Osa, Juarsa (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS MODEL JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Charlles Anwar. S NPM. A2G021076 - Charlles Anwar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan: Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Pendidikan Pancasila berbasis model Jigsaw learning pada pendisikan
pancasila untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilakukan di SDN 87
Bengkulu Selatan pada kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Reseach and Development) dengan model 5D yaitu tahap
analisisi (analysis), perancangan (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Obyek penelitian
adalah LKPD berbasis model jigsaw learning untuk meningkatkan hasil belajar
aspek kognitif. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket
resepon peserta didik dan pedoman wawancara guru. Uji kelayakan dilakukan
oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa dan 2 ahli
penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas IV dan 1 orang
guru kelas pada kelas uji coba . Analisis data menggunakan dalam menentukan
kevalidan LKPD menggunakan tabulasi silang dan sebaran angket untuk respon
peserta didik serta wawancara untuk respon guru dalam penggunaan LKPD teknik
persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji kelayakan LKPD oleh validator
ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan penyajian tampilan, kelayakan materi
diperoleh 0,70 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,90 (kriteria layak) dan
hasil kelayakan tampilan 0,80 (kriteria sangat layak). Hasil uji lapangan LKPD
dengan melakukan post tes dan pre tes dengan hasil uji gain menunjukan 20
peserta didik dengan hitung gain kriteria tinggi 8 peserta didik dengan persetase
40% kemudian kriteria sedang 11 peserta didik dengan persentase 55 %
selanjutnya kriteria rendah 1 peserta didik dengan persentase 5 %. Selain itu hasil
wawancara dengan guru kelas IV menunjukan respon positif. Dengan kata lain
LKPD yang digunakan memberikan manfaat dan efektif untuk digunakan sebagai
media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta
didik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, LKPD, Jigsaw Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23592 |