PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PECAHAN DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS PESISIR PANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

GOTRIANSYAH, KUKUH and Agus, Susanta and Bambang, Parmadi (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PECAHAN DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS PESISIR PANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
tesis kukuh gotriansyah - Kukuh Gotriansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar pecahan dengan
pendekatan RME berbasis pesisir pantai IV sekolah dasar. Jenis dan metode
penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (R&D) dengan
model ADDIE dengan tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development
(pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Penelitian dilaksanakan di SDN 105 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas
eksperimen SD Negeri 105 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket kebutuhan, angket respon dan tes. Berdasarkan validasi ahli
materi, bahasa, dan desain bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan. Hasil
dari respon siswa berada pada kriteria baik. Hasil dari analisis data didapatkan
bahwa data bersifat normal dan homogen. Hasil uji lapangan bahan ajar dengan
melakukan pretest dan postest dengan hasil rata-rata uji gain yaitu 65% dengan
kriteria efektif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Bahan ajar, Realistic Mathematic Education, pesisir
pantai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:18
Last Modified: 03 Jun 2025 02:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23594

Actions (login required)

View Item
View Item