PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

TUGIARTO, TUGIARTO and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
TUGIARTO A2G02185 Lengkap_compressed - Tugiarto 1128.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbasis sparkol
videoscribe dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan
kognitif siswa. Penelitian dilakukan pada kels V SDN 36 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development)
dengan model 4D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Objek penelitian
adalah media ajar berbasis sparkol videoscribe dengan model discovery learning
untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Instrumen yang digunakan yaitu
angket uji kelayakan dan angket respon siswa dan pedoman wawancara guru. Uji
kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa
dan 2 ahli penyajian. Uji coba pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas V dan
1 orang guru. Analisis data dalam menentukan kevalidan media ajar menggunakan
tabulasi silang dan sebaran angket untuk respon siswa serta wawancara untuk
respon guru, dalam penggunaan media ajar teknik persentase dan diolah secara
deskriptif. Hasil uji kelayakan media ajar oleh validator ditinjau dari aspek materi,
bahasa, dan penyajian tampilan, kelayakan materi diperoleh 0,66 (kriteria
layak), hasil kelayakan bahasa 0,69 (kriteria layak) dan hasil kelayakan tampilan
0,70 (kriteria layak). Hasil uji lapangan media ajar pada kelasa eksperimen dengan
melakukan pre test dan post test dengan hasil uji gain menunjukan rata-rata N
Gain sebesar 0,55 termasuk dalam kategori “sedang”, selanjutnya untuk rata-rata
N Gain persen sebesar 55,08% termasuk kategori “cukup efektif”. Pada kelas
kontrol di dapat rata-rata N Gain sebesar 0,27 termasuk dalam kategori “rendah”,
selanjutnya untuk rata-rata N Gain persen sebesar 27,98% termasuk kategori
“kurang efektif”. Kesimpulan pengembangan media ajar berbasis sparkol
videoscribe dengan model discovery learning cukup efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: discovery learning, kognitif, media ajar sparkol videoscribe.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:18
Last Modified: 03 Jun 2025 02:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23595

Actions (login required)

View Item
View Item