ANGGRAINI, DWI and Bambang, Sahono and Muhammad, Kristiawan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KIRANA BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI BIDANG SENI TARI. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bebas Perpus UNIB _Dwi Anggraini_compressed - Kirana Haninunnisa Zohri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Kirana berbasis AR dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru SD di bidang seni tari. Penelitian ini
merupakan Research & Development dengan model ADDIE. Instrumen yang
digunakan adalah angket untuk analisis kebutuhan, lembar penilaian validasi dan
respon guru serta lembar tes. Subyek penelitian adalah guru SD se- Kota Bengkulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata uji validasi ahli materi, media dan
bahasa berada pada kategori sangat layak. Persentase uji kepraktisan berada pada
kategori sangat praktis. Hasil uji t terhadap nilai posttest kelas eksperimen dan
kontrol diperolah nilai sig (2 tailed) 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan perbedaan
yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya
dilakukan uji N-Gain dengan hasil nilai N-Gain kelas eksperimen 0,3929 kriteria
sedang dan nilai N-Gain kelas kontrol 0,1251kategori rendah. Maka dapat
disimpulkan media Kirana layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan
kompetensi professional guru SD di bidang seni tari.
Kata Kunci : Augmented Reality, Kompetensi Profesional Guru, Media Kirana,
Seni Tari.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23596 |